40 Soal UKK / PAT Rekayasa Perangkat Lunak Kelas 10 Lengkap Beserta Kunci Jawaban - foldersoal.com
Sabtu, 28 Maret 2015
Edit
Soal Pilihan Ganda Produktif RPL
1. Teknologi yang memungkinkan sistem operasi komputer memperlakukan sebuah prosesor sebagai prosesor ganda disebut...
1. Teknologi yang memungkinkan sistem operasi komputer memperlakukan sebuah prosesor sebagai prosesor ganda disebut...
a. corel 2
b. turbo boost
c. hyperthreading
d. Intel
e. AMD
d. Intel
e. AMD
2. Teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor secara cerdas melakukan over-clock terhadap dirinya sendiri sejauh temperatur dan arus listrik memungkinkan disebut
a. core 2
b. Sturbo boost
c. hyperthreading
d. hyperspeed
e. autospeeder
d. hyperspeed
e. autospeeder
3. Aktivitas berikut ini memerlukan kinerja prosesor berkualitas high-end, kecuali …,.
a. analisis statistik intensif
b. editing video profesional
c. editing audio profesional
b. editing video profesional
c. editing audio profesional
d. penanganan dokumen pengolah kata
e. game 3 dimensi
e. game 3 dimensi
4. Bagian sistem komputer berikut ini yang merupakan output device adalah
a. VGA . ,
b. mouse
c. VDU
d. CPU
e. RAM
b. mouse
c. VDU
d. CPU
e. RAM
5. Input data suara ke dalam komputer dapat dilakukan dengan menggunakan
a. speaker
b. VGA
c. VDU
d. mikrofon
e. microchip
a. speaker
b. VGA
c. VDU
d. mikrofon
e. microchip
6. Burning merupakan proses penulisan data dari komputer ke media penyimpan berikut ini, kecuali
a. CD RW
b. CD-R
c. DVD
d. BluRay disc
e. floppy disk
b. CD-R
c. DVD
d. BluRay disc
e. floppy disk
7. Berikut ini perusahaan penghasil BIOS, kecuali...
a. American Megatrend Inc.
b. Phoenix Technologies
c. Award Software Inc.
d. Winbond
b. Phoenix Technologies
c. Award Software Inc.
d. Winbond
e. Jetbond
8. Pengaturan boot sequence dilaku kan pada memi
a. Setup BIOS
b. Print Setup
c. Image Compression
d. Troubleshooting
d. File Management
d. Troubleshooting
d. File Management
9. BIOS merupakan singkatan dari . ..
a. Basic Input Output System
b. Basic Input Output Setup
c. Bootable Input Output System
d. Bootable Input Output Storage
e. Basic Input Ordinary Setup
a. Basic Input Output System
b. Basic Input Output Setup
c. Bootable Input Output System
d. Bootable Input Output Storage
e. Basic Input Ordinary Setup
10. DOS merupakan sistem operasi yang
a. berbasis teks
a. berbasis teks
b. berbasis visual
c. berorientasi objek
d. bersifat event driven .
e. digunakan pada komputer Apple
11. Sistem operasi yang menggunakan antarmuka berupa ikon gambar dikatakan sebagai sistem
operasi berbasis...
a. ikon
b. GUI
c. CLI
d. teks
e. digital
b. GUI
c. CLI
d. teks
e. digital
12. Langkah pelacakan dan perbaikan kesalahan pada sistem mekanis maupun elektronis dikenal
dengan istilah...
a. troublemaker
b. troublesome
a. troublemaker
b. troublesome
c. troubleshooting
d. syntax error
e. invalid check
d. syntax error
e. invalid check
13. Prosedur-prosedur keselamatan dan kesehatan kerja yang memprioritaskan pencegahan bahaya merupakan bagian prosedur K3 yang bersifat...
a. deduktif
b. efektif
c. preventif
d. kuratif
e. permanen
b. efektif
c. preventif
d. kuratif
e. permanen
14. Keselamatan kerja di Indonesia diatur dengan undang-undang nomor ...
a. 1 tahun 2009
b. 23 tahun1997
c. 32 tahun 2009
d. 1 tahun 1970
e. 32 tahun1970
d. 1 tahun 1970
e. 32 tahun1970
15. Memperbaiki lingkungan dan peralatan kerja untuk mendukung efisiensi kerja karyawan merupakan penerapan konsep ...
a. profit oriented
b. money oriented
c. ergonomis
d. aerodinamis
e. smart solution
e. smart solution
16. Jenis muatan listrik pada elektron, proton, dan neutron berturut-turut...
a. positif, positif, netral
b. positif, negatif, positif
c. negatif, negatif, netral
d. negatif, positif, netral
e. negatif, netral, positif
c. negatif, negatif, netral
d. negatif, positif, netral
e. negatif, netral, positif
17. Tarif listrik biasanya dihitung per kWh. Istilah kWh tersebut merupakan satuan...
a. hambatan listrik
b. tegangan listrik
c. energi listrik
d. daya listrik
e. arus listrik
b. tegangan listrik
c. energi listrik
d. daya listrik
e. arus listrik
18. Istilah berikut ini yang menunjukkan suatu papan uji rangkaian elektronik yang tidak memerlukan penyoldiran adalah ...
a. printed circuit board
b. examinerboard
c. motherboard
d. breadboard
e. testboard
b. examinerboard
c. motherboard
d. breadboard
e. testboard
19. Komputer dibangun dengan menggunakan rangkaian logika yang prinsip kerjanya berhubungan dengan dua tipe keadaan, yaitu on dan off. Keadaan on dan off tersebut berturutturut biasa dinyatakan dengan nilai ...
a. 0 dan 1
b. 0 dan 0
c. 1 dan 0
d. 1 dan 2
e. 2 dan 2
b. 0 dan 0
c. 1 dan 0
d. 1 dan 2
e. 2 dan 2
20. Rangkaian gerbang logika biasanya diwujudkan dalam bentuk komponen elektronika, seperti...
a. transistor
b. kapasitor
c. batere
d. resistor
e. induktor
b. kapasitor
c. batere
d. resistor
e. induktor
21. Gerbang logika yang hanya bernilai benar jika semua inputnya bernilai benar adalah gerbang ...
a. OR
b. NOT
c. AND
d. NOR
e. NAND
b. NOT
c. AND
d. NOR
e. NAND
22. Gerbang logika atas dua input yang hanya bernrlan benar jika kedua input tersebut berbeda nilai kebenarannya adalah gerbang ...
a. OR
b.XOR
c. AND
d. NOR
e. NAND
c. AND
d. NOR
e. NAND
23. Sistem bilangan basis 16 sering digunakan dalam sistem data komputer. Sistem bilangan ini juga dikenal dengan nama...
a. biner
b. pentatonik
c. pentadesimal
d. heksadesimal
e. octadesimal
d. heksadesimal
e. octadesimal
24. Pada sistem bilangan biner hanya dikenal dua lambang bilangan, yaitu...
a. 0 dan 2
b. 1 dan 2
c. 0 dan 1
d. 1 dan 3
e. 0 dan 3
b. 1 dan 2
c. 0 dan 1
d. 1 dan 3
e. 0 dan 3
25. Nibble adalah satuan informasi yang setara dengan...
a. 1 bit
b. 1 byte
c. 2 bit
d. 2 byte
e. 4bit
b. 1 byte
c. 2 bit
d. 2 byte
e. 4bit
26. Angka 625 pada sistem desimal sétara dengan pada sistem biner...
a. 0001011100
b. 1010010101
c. 1111000011
d. 1001110001
e. 0000110000
d. 1001110001
e. 0000110000
27. Pada sistem bilangan dengan 7 segment display, jika semua segmen berada dalam keadaan on, angka yang tampak adalah angka..
a. 0
b. 1
c. 5
d. 8
e. 16
b. 1
c. 5
d. 8
e. 16
28. Algoritma pemrograman dapat ditulis dalam bentuk
a. animasi
b. kode morse
c. pseudocode
d. barcode
e. digital
d. barcode
e. digital
29. Istilah-istilah berikut ini merupakan istilah yang merujuk pada data flow diagram (DFD), kecuali...
a model fungsi
b. bubble diagram
c. diagram alur data
d. bubble chart
e. terminator
c. diagram alur data
d. bubble chart
e. terminator
30. Nilai karakteristik program yang bersifat tetap di seluruh bagian program dikenal dengan istilah...
a. variabel
b. variant
c. invariant
d. konstanta
e. integer
c. invariant
d. konstanta
e. integer
31. Dalam perancangan basis data, relasi antarentitas dapat disajikan dalam bentuk
a. tabel
b. flowchart
c. pseudocode
d. DFD
e. ERD
d. DFD
e. ERD
32. Salah satu tujuan normalisasi basis data adalah mengurangi ..... data.
a. efisiensi
b. redundasi
c. interaksi
d. korelasi
e. formasi
33. Salah satu ciri relational database adalah penyajian data dalam bentuk ...
a. tabel
b. grafik
c. piramida
d. kode program
e. flowchart
34. Perintah SQL untuk menambahkan kriteria pada query didahului kata kunci ...
a. ALTER
b. DELETE
c. WHERE
d. QUERY
e. UPDATE
b. DELETE
c. WHERE
d. QUERY
e. UPDATE
35. Penetapkan daftar atribut (field) yang akan ditampilkan dalam query dengan perintah SQL menggunakan kata kunci...
a. WHERE
b. WHO
c. WHEN
d. FROM
e. SELECT
b. WHO
c. WHEN
d. FROM
e. SELECT
36. Beberapa langkah penanganan data pada tabel database yang dieksekusi sekaligus secara berurutan dalam aplikasi database MS Access disebut...
a. form
b. query
c. macro
d. morfem
e. report
b. query
c. macro
d. morfem
e. report
37. Lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman dikenal dengan sebutan .…
a. CLI
b. IDE
c. CMD
d. DBMS
b. IDE
c. CMD
d. DBMS
e. SETUP
38. Atribut caption dimiliki oleh objek pemrograman Visual Basic berupa ...
a. Text box
b. List box
c. Picture box
d. Combo box
e. Command Button
d. Combo box
e. Command Button
39. Penyimpanan program VB sebagai file stand alone berekstensi EXE disebut...
a. Run
b. kompilasi
c. interpretasi
d. Save
e. Export
40. Pemrograman dengan lingkungan kerja berupa ikon-ikon dan antarmuka grafis disebut pemrograman ...
a. grafik
b. ikon
c. visual
d. tekstual
e. kontekstual
Demikianlah postingan mengenai 40 Soal UKK / PAT Rekayasa Perangkat Lunak Kelas 10 Lengkap Beserta Kunci Jawaban, semoga bermanfaat.