Contoh Rpp Sains Berkarakter Terbaru (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
Senin, 27 Mei 2019
Edit
DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG
Jl. DERWATI NO. 40 KEC. RANCASARI
Tlp. 022 7533544 Website http://sdn-cipamokolan-3.co.cc
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Mengidentifikasi fungsi organ badan insan dan hewan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ badan manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan binatang contohnya ikan dan cacing tanah.
C. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa sanggup Menyebutkan penggalan badan yang berperan sebagai pernapasan
o Siswa sanggup Memahami istilah dari
- Diagfragma - Gelambir - Pleura - Bronkus | - Alveolus - Pundi-pundi - Labirin - Stigma |
o Siswa sanggup Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o Siswa sanggup Memahami proses pernapasan pada :
- Manusia - Burung - Reptil - Amfibi | - Ikan - Serangga - Cacing |
o Siswa sanggup Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
& Karakter siswa yang dibutuhkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Organ badan insan dan hewan
o Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |||||||
1. Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam acara eksplorasi, guru: F Siswa sanggup Memahami peta konsep perihal alat pernapasan F Menyebutkan penggalan badan yang berperan sebagai pernapasan - Paru-paru - Hidung - Tenggorokan F Memahami istilah dari
F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut F Memahami proses pernapasan F melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam acara elaborasi, guru: F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi penerima didik melalui proteksi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam acara konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab perihal hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
3. Penutup o Mengulang proses pernapasan | (5 menit) | ||||||
4. Pekerjaan Rumah o – | |||||||
Pertemuan ke-2 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang bahan pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam acara eksplorasi, guru: F Siswa sanggup Melakukan acara F melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam acara elaborasi, guru: F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi penerima didik melalui proteksi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam acara konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab perihal hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan dari acara 1.1 | (5 menit) | ||||||
o tugas 1.1 | |||||||
Pertemuan ke-3 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang bahan pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi o Memahami peta konsep perihal alat pernapasan pada hewan | (5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam acara eksplorasi, guru: F Siswa sanggup Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F Memahami istilah dari
F Memahami proses pernapasan pada :
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yakni dengan memakan makanan F Melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam acara elaborasi, guru: F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi penerima didik melalui proteksi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam acara konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab perihal hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa binatang mempunyai alat pernapasan yang berbeda-beda | (5 menit) | ||||||
o | |||||||
Pertemuan ke-4 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang bahan pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi. | (5 menit) | ||||||
& sEksplorasi Dalam acara eksplorasi, guru: F Siswa sanggup Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan insan sanggup diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman F Memahami tanda-tanda penyakit :
F Memahami rujukan hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap acara pembelajaran; dan F memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam acara elaborasi, guru: F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi penerima didik melalui proteksi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan insan akhir serangan kuman
& Konfirmasi Dalam acara konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab perihal hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
o Memberikan kesimpulan bahwa rujukan hidup sehat sanggup menjaga kesehatan alat pernapasan. | (5 menit) | ||||||
o - |
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada insan dan pada beberapa hewan. o Membuat model alat pernapasan insan dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, contohnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | o Jelaskanlah alat pernapasan pada insan dan pada beberapa hewan. o Buatkanlah model alat pernapasan insan dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, contohnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan |