Contoh Jurnal Harian Siswa Praktek Kerja Industri Lengkap - foldersoal.com
Senin, 13 April 2015
Edit
Hallo apa kabar semua sahabat Administrasi Ngajar, semoga selalu tetap semangat apapun aktifitas Anda saat ini. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagin posting mengenai contoh jurnal harian Prakerin siswa SMK. SMK adalah pendidikan Vokasi dimana indikator sebuah keberhasilan dari SMK adalah banyaknya lulusan SMK yang masuk ke Dunia Usaha maupun Industri. Prakerin adalah salah satu rangkaian proses belajar siswa SMK yang bertujuan menjadikan Siswa/Siswi dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai dengan bidangnya. Kegiatan PRAKERIN juga mempunyai tujuan lain yaitu sebagai study banding antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan yang ada di dunia kerja dan para Siswa/Siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja. Sehingga setelah lulus nanti Siswa benar-benar siap memasuki Dunia Usaha maupun Dunia Industri. Baik langsung saja Contoh Jurnal Prakerin berikut.
J U R N A L
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
N a m a :………………………………
J u r u s a n : Teknik Kendaraan Ringan
Guru Pembimbing : ………………………………
SMK MUHAMMADIYAH
PRAKERIN (PRAKTEK KERJA INDUSTRI)
PADA PERUSAHAAN / INSTANSI
…………………………
………………………………………
Kata Pengantar
Dalam rangka mendekatkan kesesuaian mutu yang meliputi kemampuan kerja dan sikap professional, serta jumlah tamatan dengan kebutuhan lapangan kerja, SMK Muhammadiyahmelaksanakan kebijakan Department pendidikan Nasional untuk melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) melalui kerja Praktek Industri (Prakerin).
Untuk mendeteksi perkembangan bahwa siswa/I peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di dunia usaha/Industri, maka perlu disusun suatu perangkat yang dapat memberikan informasi tentang kualifikasi dan jenis kegiatan praktek siswa itu yaitu berupa “Jurnal kegiatan siswa/I” yang berfungsi sebagai laporan kegiatan siswa/I selama bekerja di dunia usaha/Industri.
Jurnal kegiatan siswa ini selain dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kerjasama antara SMK Muhammadiyahdengan dunia usaha juga bertujuan untuk:
1. Mengetahui perkembangan siswa/I selama mengikuti praktek keahlian di dunia usaha/industri antara lain meliputi:
a. Rencana Kegiatan
b. Kegiatan Mingguan
c. Kemampuan kerja siswa/i pada lini produksi
d. Penilaian dari pihak perusahaan
e. Catatan penting siswa/I selama prakerin dan bimbingan
f. Absensi siswa/I praktek
g. Rekapitulasi kehadiran
2. Menjadi bukti atas kegiatan praktek keahlian yang dilakukan siswa/I di dunia usaha/industri dan sebagai dasar pembuatan sertifikat yang dimiliki siswa/i
Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan dan persiapan jurnal kegiatan siswa/I ini
Kepala.Sekolah Ketua Jurusan TKR
............................ ............................
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................i
DAFTAR ISI ..................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................1
1. Latar Belakang ..................................................................................1
2. Landasan Hukum ..................................................................................2
3. Tujuan ..................................................................................3
BAB II PETUNJUK PENGGUNAAN JURNAL ..........4
BAB III AGENDA PRAKERIN ..................................................................................6
SURAT PERNYATAAN ..................................................................................7
IDENTITAS SISWA ..................................................................................8
IDENTITAS DUNIA INDUSTRI ..................................................................................9
LAPORAN KEGIATAN SISWA SECARA BERKALA................................................................10
DAFTAR LIST KEHADIRAN PSG SISWA ...............11
LAPORAN PENILAIAN PEMBIMBING INDUSTRI.12
DAFTAR NILAI PRAKERIN ....................................13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Prakerin
Sejalan dengan era baru yang belakangan ini marak di perbincangkan baik di dalam maupun di luar negeri, Perusahaan adalah salah satu pelaku ekonomi yang berperan besar dalam peningkatan daya saing nasional maupun internasional guna menghadapi era pasar bebas dunia.
Tujuan diadakannya prakerin yaitu menjadikan Siswa/I dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai dengan bidangnya.
Tujuan diadakannya prakerin yaitu menjadikan Siswa/I dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai dengan bidangnya.
Kegiatan prakerin mempunyai tujuan lain yaitu sebagai study banding antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan yang ada di dunia kerja dan para Siswa/I mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja.
Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Keahlian Kejuruan yang memadukan secara sistematik sinkronisasi program pendidikan di sekolah dan program pengusaha keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di Dunia Kerja, terarah untuk suatu tingkat professional tertentu.
Dalam pengertian lain Praktek Kerja Industri adalah suatu cara Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan khususnya pada SMK Muhammadiyah yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja langsung dibidangnya serta suasana yang sesungguhnya dan relevan di Dunia Kerjanya.
Dalam pengertian tersebut mengandung arti tersirat bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan lapangan kerja Dunia Usaha /Dunia Industri yang bersama-sama menyeleggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan, kedua belah pihak secara sungguh-sungguh terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan sampai tahap evaluasi dan kelulusan peserta didik serta upaya-upaya pemasaran tamatannya.
Dalam pengertian tersebut mengandung arti tersirat bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan lapangan kerja Dunia Usaha /Dunia Industri yang bersama-sama menyeleggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan, kedua belah pihak secara sungguh-sungguh terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan sampai tahap evaluasi dan kelulusan peserta didik serta upaya-upaya pemasaran tamatannya.
1.2. Landasan Hukum
A. Sebagai dasar pelakasanaan Pendidikan Sistem Ganda adalah :
a. Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Peraturan Pemerintah No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
c. Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang Peranan Masyarakat dalam Pendidikan Nasional
d. Kepmendikbud No. 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan
e. Kepmendikbud No. 080/U/1999 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan
B. Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berdasarkan peraturan erundangan sebagai berikut :
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional antara lain meyatakan :
a. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui 2 (dua) jalur, yaitu pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah
b. Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan oleh pemerintah, masyarakat dan atau keluarga peserta didik.
c. Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
C. PP No. 29 tentang Pendidikan Menengah yang antara lain :
a. Penyelenggaraan sekoah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha / Industri dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan
b. Pada sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah
D. PP No. 39 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional antara lain menyatakan :
a. Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang dan latihan kerja
b. Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistem pendidikan nasional
E. Kepmendikbud No. 0490/V/1992 tentang sekolah menengah kejuruan yang menyatakan bahwa kerjasama sekolah menengah kejuruan denga dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program sekolah menengah kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja yang dibutuhkan dengan asas saling menguntungkan
F. Kepmendikbud No. 080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
a. Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara profesional sebagai wahana pelatihan kejuruan
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah, dan sebagai lainnya di dunia usaha dan industri
c. Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.
1.3 Tujuan Prakerin
Kegiatan Prakerin mempunyai tujuan tersendiri antara lain :
1. Melatih Siswa/I untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
2. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih dalam tentang dunia kerja.
3. Sebagai studi banding antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan di dunia kerja.
4. Agar Siswa/I lulusan sekolah menengah kejuruan dapat langsung kerja sesuai dengan bidangnya.
5. Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian Negara serta kelulusan.
Jurnal Kegiatan siswa ini bertujuan untuk :
A. Mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek keahlian di dunia industri, antara lain :
a. Kegiatan mingguan
b. Kemampuan kerja siswa pada lini produksi
c. Penilaian dari piihak dunia industri terhadap siswa
d. Sebagai catatan penting dari siswa dan pembimbing selama siswa siswi di dunia industri.
B. Menjadi suatu bukti atas kegiatan praktek keahlian yang dilakukan siswa di dunia industri, serta sebagai lampiran-lampiran (penjelasan rinci) dari sertifikat yang dimiliki siswa.
1.4 Waktu Pelaksanaan prakerin
Berdasarkan surat edaran Sekolah dijelaskan lamanya pelatihan di Dunia Usaha/dunia Industri atau Instansi pasangan adalah minimal tiga bulan dari tanggal 02 Januari sampai 03 April 2018
Dan penyelenggaraan Praktek Kerja/Pelatihan dengan cara Blok Release yang dilaksananakan pada Semester Genap.
BAB II
PETUNJUK PENGGUANAAN JURANAL
Jurnal kegiatan siswa ini dibuat dan di isi setiap tempat dimana siswa SMK Muhammadiyah melakukan Prakerin. Sebelum menggunakan jurnal ini diharapkan Siswa, Guru Pembimbing Sekolah, Pembimbing dari Industri, memperhatikan hal-hal dibawah ini :
2.1. Siswa
a. Membaca secara detail (rinci) jurnal ini sehingga memahami maksud dan tujuan serta mengetahui cara penggunaannya
b. Mengisi data / informasi sesuai yang diminta pada setiap bagian jurnal ini, yang kesemuanya tercantum dalam setiap Form yang terlampir
c. Melakukan praktek pada dunia industri yang sesuai dengan keterampilan / sub keterampilan yang tertulis di dalam jurnal ini
d. Memastikan agar pembimbing industri membaca setiap bagian jurnal ini, dan mengisi hal-hal yang diperlukan serta memberikan parafnya
2.2. Guru Pembimbing Sekolah
a. Membaca dan menghayati betul jurnal ini dengan seksama
b. Membimbing siswa sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam jurnal ini
c. Menjalin hubungan yang baik (komunikasi) dengan pembimbing industri dalam rangka perkembangan siswa yang melakukan Prakerin, dan dalam hal pengisian jurnal ini
d. Memonitor kemajuan siswa pada tempat Prakerin, dengan melakukan kunjungan dan memeriksa jurnal Prakerin, serta mendiskusikannya dengan pembimbing Industri.
2.3. Pembimbing Industri
a. Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam hal ini SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai dalam menentukan kegiatan-kegiatan atau keterampilan yang dapat di berikan pada siswa di dunia industri
b. Memberikan dukungan dalam pelakasanaan Prakerin dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kegiatan / keterampilan di dunia Industri sesuai dengan buku jurnal ini
c. Memberikan bimbingan dan pelatihan kepada siswa yang sedang melakukan praktek pada dunia industri
d. Memberikan penilaian atas hasil kerja siswa yang melaksanakan Prakerin sesuai dengan Format (Form) yang telah tersedia pada jurnal ini.
2.4. Tata Tertib Peserta Prakerin di Dunia Industri
Setiap dunia Industri mempunyai tata tertib yang harus dipatuhi setiap pekerja perusahaan tersebut. Secara umum tata tertib kerja pada Dunia Industri yang perlu diperhatikan oleh para siswa yang akan melaksanakan Prakerin didunia Industri adalah :
a. Bersikap sopan santun dan bekerja secara jujur
b. Memperhatikan dan melaksanakan aturan-aturan keselamatan kerja (K3) yang ada
c. Mentaati semua aturan dan tata tertib yang ada pada tempat siswa melakukan Prakerin
d. Mampu bekerja sama dengan baik dengan semua karyawan tempat dimana siswa melakukan Prakerin.
2.5. Cara Pengisian Jurnal Prakerin
Jurnal kegiatan praktek keahlian siswa PRAKERIN ini disusun oleh para guru SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai sesuai dengan kebutuhan lapangan pada dunia industri yang nanti akan dihadapi oleh para siswa, guru maupun pembimbing industri (dalam bentuk Form)
2.6. Lampiran – lampuran (Form)
Untuk menghindari perbedaan dan kesalahan pengisian pada setiap Form tersebut perlu diperhatikan penjelasan-penjelasan berikut ini :
a. Form Identitas Siswa
b. Identitas Dunia Industri
c. Form Laporan Kegiatan Siswa Secara Berkala
d. Form Laporan Kemajuan Praktek Keahlian Pada Dunia Industri
e. Form Laporan Penilaian Pembimbing dari Dunia Industri
f. Format Catatan Siswa Dari Guru Pembimbing Industri
g. Format Absensi Siswa Selama Mengikuti Prakerin
BAB III
AGENDA PRAKERIN
SMK Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2018/2019
No | Uraian Kegiatan | Pelakasanaan |
1 | Rapat kordinasi Pokja | 1 September 2018 |
2 | Edaran Pelaksanaan Prakerin untuk orang tua | 1 Desember |
3 | Penyampaian jadwal mencari lokasi DUDI dan Daftar DUDI | Agustus 2018 – Desember 2018 |
4 | Rekap Lokasi DUDI yang telah masuk | 10 November 2018 |
5 | Penyiapan surat pengantar Prakerin | November – Desember 2018 |
6 | Konfirmasi Ketersediaan Penempatan Prakerin | Juni - Oktober 2018 |
7 | Penyiapan buku jurnal dan panduan prakerin | Oktober 2018 |
8 | Penentuan dan pembagian guru pembimbing | 05 – 10 Desember 2018 |
9 | Koordinasi dengan guru pembimbing | 13 – 17 Desember 2018 |
10 | Pembekalan Prakerin | 29 Desember 2018 – 02 Januari 2019 |
a. Khusus | ||
b. Umum | ||
11 | Pemberian surat tugas siswa oleh Guru Pembimbing | Januari 2019 |
12 | Pelepasan Peserta Prakerin | 02 Januari 2019 |
13 | Penyerahan Peserta Prakerin ke DUDI | 02 Januari 2019 |
14 | Pelaksanaan Prakerin | 02 Januari – 03 April 2019 |
15 | Monitoring Prakerin | 02 Januari – 03 April 2019 |
16 | Penarikan Prakerin | 31 Maret – 03 April 2019 |
17 | Penyusunan Laporan | 04 April – 05 Mei 2019 |
18 | Ujian Prakerin | 24 Mei 20117 |
19 | Penyelesaian Sertifikat | Juni 2019 |
Form 01
Surat Pernyataan
Yang bertandatangan dibawah ini, saya :
Nama :
NISN :
Alamat Sekolah :
Alamat Rumah :
Adalah benar sebagai peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMK Muhammadiyah tahun pelajaran 2018/2019, menyadari bahwa pendidikan dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan program Departemen Pendidikan Nasional dalam upaya meningkatkan mutu tambah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja serta mampu mengembangkan sikap professional (PP.29/Pasal 3 Ayat 12) dengan ini menyatakan:
1. Memahami tentang arti pentingnya Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilaksanakan bersama dunia usaha/Industri
2. Berjanji akan memenuhi tata tertib serta disiplin yang ditetapkan oleh dunia usaha/Industri tempat saya melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
3. Akan memegang teguh kerahasiaan dunia usaha/Industri tempat saya Pendidikan Sistem Ganda (PSG), serta menjunjung tinggi nama baik sekolah dan kehormatan Guru.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun, dan saya menyadari bila dikemudian hari saya melakukan pelanggaran dari ketentuan diatas maka saya bersedia untuk di tindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Orang Tua/Wali Murid. Palembang, 2019
Yang Menyatakan
Orang Tua/Wali Murid. Palembang, 2019
Yang Menyatakan
_____________
Form : 02
IDENTITAS SISWA
Nama Siswa : ……………………….................
Nomor Induk Siswa : ……………………………………....
Program Keahlian : ………………………………….......
Tempat/Tanggal lahir : ……………………../………………
Kelas /Tingkat : ….....................................
No. Telpon/HP Siswa : ………...............................
Nama Orang Tua : ………................................
Alamat Tempat Tinggal : ….....................................
……….…………....................
No. Telpon/HP Orang Tua : ……………………………..........
Nama Wali Siswa : ………………………………………
Alamat Tempat Tinggal : ………………………………………
No. Telpon/HP Wali Siswa : …..................................
Mengetehui Palembang, 2019
Orang Tua/Wali. Siswa Prakerin
............................ ............................
Form : 03
IDENTITAS DUNIA INDUSTRI
Nama Perusahaan/Instansi : ……………………………………………………...
Nama Pimpinan Perusahaan/Instansi : ……………………………………………………...
No. Telpon Perusahaan/Instansi : ……………………………………………………...
Alamat Perusahaan/Instansi : ……………………………………………………...
……………………………………………………...
……………………………………………………...
……………………………………………………...
Nama Pembimbing Industri : ……………………………………………………...
Pembimbing Industri Palembang, 2019
Mengetahui,
Pimpinan Perusahaan
..................................... .....................................
..................................... .....................................
Mengetahui,
Pembimbing Industri
................................
Form : 04
LAPORAN KEGIATAN SISWA
SECARA BERKALA
Hari / Tanggal | Catatan Kegiatan Harian | Paraf &Stempel Pembimbing Industri |
Form : 06
LAPORAN PENILAIAN PEMBIMBING DARI DUNIA INDUSTRI
DW | KKM | KK | IK | P | |||||||||
Nilai | Ceklist | Nilai | Ceklist | Nilai | Ceklist | Nilai | Ceklist | Nilai | Ceklist | ||||
A B C D | A B C D | A B C D | A B C D | A B C D | |||||||||
Komentar Pembimbing Industri :
|
Berikan Tanda Pada Option Ceklist
Keterangan :
DW = Disiplin Waktu
KKM = Kemampuan Kerja dan Motivasi
IK = Inisiatif Kerja
P = Perilaku
Berbagai Sumber